[KLSX|KTSP] Ide Pokok dan Teknik Membaca

02.58

bahasa indonesia
K e l a s X
KTSP

2
A. PARAGRAF DAN IDE POKOK

a. Pengertian Paragraf
Paragraf atau alinea adalah bagian wacana yang mengungkapkan satu ide pokok yang
dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi
yang lebih.
Wacana adalah satuan bahasa terlengkap yang direalisasikan dalam bentuk karangan
sastra atau nonsastra. Wacana disebut juga bacaan atau karangan.

b. Ide Pokok
Ide pokok merupakan salah satu unsur dari paragraf berupa hal pokok yang diungkapkan
dalam paragraf dan inti keseluruhan isi paragraf. Nama lain dari ide pokok adalah pokok
pikiran, gagasan utama, gagasan pokok, gagasan inti, inti masalah, pokok pembicaraan,
atau pikiran utama.

Unsur-unsur paragraf lainnya, yaitu:
1. Kalimat utama atau kalimat topik adalah kalimat inti suatu paragraf yang pernyataandi dalamnya merupakan gagasan menyeluruh yang dapat mewakili pernyataanpernyataan lain dalam paragraf itu.2. Gagasan penjelas adalah gagasan yang peranannya menjelaskan gagasan utama.Gagasan ini terdapat di dalam kalimat penjelas.3. Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendeskripsikan kalimat utama.4. Judul disebut juga titel/kepala karangan adalah bagian karangan/paragraf yangmemayungi karangan.5. Pungtuasi adalah tanda baca. Paragraf haruslah menggunakan tanda baca.
c. Cara Mencari Ide Pokok
Ide pokok bisa diketahui dalam kalimat pokok atau kalimat utama baik secara eksplisit
maupun implisit. Oleh karena itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu posisi kalimat
utama dalam paragraf.
Ada tiga posisi kalimat utama di dalam paragraf, yaitu di awal paragraf, di akhir paragraf,
dan campuran (awal dan akhir paragraf).
1. Awal ParagrafPosisi kalimat utamanya di awal paragraf kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas.Paragraf ini disebut paragraf deduktif. 
2. Akhir ParagrafPosisi kalimat utamanya di akhir paragraf yang diawali kalimat-kalimat penjelas.Paragraf ini disebut paragraf induktif. 
3. Awal dan Akhir ParagrafPosisi kalimat utama di awal yang diikuti beberapa kalimat penjelas dan ditutupdengan kalimat utama di akhir paragraf. Paragraf ini disebut paragraf campuran/variatif.
Setelah mengetahui kalimat utama, kita bisa menentukan ide pokoknya.
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan
kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut
disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan
mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat
bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar
30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat
dengan pengawasan dari pihak LSM.
Sumber: kafeilmu.com
Catatan:
1. Kalimat utamanya adalah Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan
rumah atau bangunan kepada korban gempa.
2. Ide pokoknya adalah pemerintah memberikan bantuan.

B. MENEMUKAN IDE POKOK TEKS NONSASTRA DENGAN TEKNIK MEMBACA CEPAT
a. Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat merupakan sistem membaca dengan memperhitungkan waktu
baca dan tingkat pemahaman terhadap bahan yang dibacanya (Suyoto: 2008).
Berikut data kecepatan membaca ideal berdasarkan kriteria siswa.
Kategori Siswa Kecepatan ideal yang seharusnya dicapai
Siswa SD—SMP 200 kata per menit
Siswa SMA 250 kata per menit
Mahasiswa 325 kata per menit
Mahasiswa pascasarjana 400 kata per menit
Orang dewasa awam 200 kata per menit
4
Teknik membaca cepat adalah sebagai berikut.
1. Membaca dengan konsentrasi tinggi. Hal ini dilakukan untuk melatih koordinasiantara mata dan otak.2. Membaca tanpa suara. Saat menggunakan teknik ini, hindari gerakan bibir dan vokalisasikarena kecepatan membaca akan turun drastis menjadi setara kecepatan bicara.3. Apabila ada yang kurang paham jangan mundur ke belakang (regresi), yakinkanpasti ada kalimat lanjutan yang menjelaskannya.4. Memperluas jangkauan mata dengan cara membaca per kelompok kata dan bukankata per kata.5. Jangan berhenti di awal baris karena membuat lupa tentang hal yang baru sajadibaca. Berhentilah agak lama pada akhir bab (sub judul baru).6. Carilah kata kunci karena hal tersebut menjadi tanda sebuah ide pokok. Dalam setiapbacaan selalu ada ide pokok yang menjiwai seluruh karangan.7. Abaikan kata tugas. Kata tugas yang sifatnya berulang tidak perlu dibaca seperti di,ke, dari, pada, dan sebagainya.8. Arah gerak mata tidak ke samping, tetapi sapu ke bawah atau melingkar-lingkar.9. Hindari menunjuk dengan jari dan menggerak-gerakan kepala karena dapatmenghambat kecepatan membaca.
b. Menghitung Kecepatan Membaca
Rumus dasar menghitung kecepatan membaca adalah sebagai berikut.
KPM= JK/W x 60
KPM : Kata Per Menit
JK : Jumlah kata yang dibaca
W : Waktu dalam detik
60 : Jumlah detik dalam satu menit
Contoh:
Argha adalah siswa SMA Tunas Bangsa, membaca artikel dengan jumlah kata sebanyak
1.000 kata. Argha dapat menyelesaikan bacaannya dalam waktu 5 menit. Berapa kecepatan
membaca Argha?
5
Pembahasan:
Diketahui : JK = 1.000
W = 5 menit = 300 detik
Ditanya : KPM?
Jawaban :
Rumus KPM= JK
W
×60
KPM = 1.000300 × 60 = 200KPM(Kata Per Menit)
Catatan:
Argha adalah siswa SMA dengan kecepatan membaca 200 KPM, berarti belumlah ideal
karena idealnya 250 KPM. Jadi, untuk mencapai 250 KPM, Argha membutuhkan waktu 4
menit ketika membaca artikel sebanyak 1.000 kata tersebut.

c. Menentukan Ide Pokok dengan Membaca Cepat
Setelah menguasai teknik membaca cepat, latihlah dengan membaca teks nonsastra,
misalnya artikel atau berita sampai dengan kecepatan 250 KPM. Tentukan ide pokoknya
sesuai dengan teknik membaca cepat, yaitu cari kata-kata kunci pada setiap paragraf. Kata
kunci dapat diambil dari kalimat utama yang posisinya di awal paragraf, akhir paragraf,
atau awal dan akhir paragraf.

C. MENGIDENTIFIKASI IDE TEKS NONSASTRA DENGAN TEKNIK MEMBACA EKSTENSIF
a. Teknik Membaca Ekstensif
Teknik membaca dalam hati terbagi dua, yakni teknik membaca ekstensif dan teknik
membaca intensif. Membaca ekstensif adalah membaca cepat (targetnya bukan kecepatan
membaca) untuk mengetahui hal-hal penting, sedangkan membaca intensif merupakan
kelanjutan dari membaca ekstensif dengan membaca keseluruhan teks, kata demi kata
agar dapat memahaminya.
Salah satu jenis teknik membaca ekstensif adalah membaca skimming. Membaca skimming
adalah membaca cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian dari suatu bacaan
(Rahim: 2005). Membaca skimming untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang
sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan mengidentifiasi ide pokok. Membaca
skimming disebut juga membaca layap, selintas, atau sepintas.
6
b. Mengidentifiasi Ide Pokok dengan Membaca Skimming
Mengidentifiasi ide pokok adalah kegiatan menentukan atau menetapkan identitas
ide pokok dalam paragraf. Bagaimanakah mengidentifiasi ide pokok dengan membaca
skimming? Caranya sebagai berikut.
1. Ide pokok terdapat pada kalimat utama yang posisinya bisa di awal paragraf, akhirparagraf, atau campuran. Bacalah kalimat awal ke kalimat akhir pada setiap paragraf.Jangan membaca kata per kata.2. Pada kalimat utama terdapat kata kunci atau frasa kunci. Bacalah dengan mencarikata kunci atau frasa kuncinya. Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti kata/frasakunci tersebut.
Di bawah ini disajikan contoh teks nonsastra, bacalah dengan teknik membaca ekstensif
(skimming) dan carilah ide pokoknya.
Pendidikan Penyembuh Kemiskinan?
Oleh Ahmad Baedowi
Riset terbaru para ahli ekonomi menyebutkan pendidikan hanya menyumbang
sedikit, yaitu sekitar 16.1% per tahun, pertumbuhan produk domestik bruto
rata-rata di dunia (Greg J. Duncan: 2010). Di samping memercayai bahwa investasi
di bidang pendidikan memang sangat strategis dan signifian, terutama pendidikan
prasekolah, para ahli ekonomi menyarankan agar dunia pendidikan memiliki kepekaan
pasar dalam rangka menumbuhkan semangat entrepreneurship di kalangan para
siswa.
Memadukan pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan dunia kerja
merupakan sebuah keniscayaan yang harus ditekuni para pengambil kebijakan
bidang pendidikan. Namun, masalah yang kerap kali muncul ialah dunia pendidikan
saat ini sangat bergantung pada situasi politik dan ekonomi sebuah negara. Karena
itu, menjadi jelas bahwa pendidikan bukan merupakan satu-satunya alat untuk
mengurangi kemiskinan, apalagi jika dilihat dari konteks politik dan sistem
ekonomi yang dianut, katakanlah liberalisme seperti di Indonesia.
Tidak ada yang meragukan tenaga kerja berpendidikan lebih baik dan lebih
mungkin menikmati pendapatan yang lebih tinggi. Orang miskin benar-benar
membutuhkan lebih banyak pendidikan dan pelatihan keterampilan. Akan tetapi,
mereka juga membutuhkan suatu konteks ekonomi di saat pertumbuhan sejalan
dengan suasana politik yang kondusif. Selama beberapa dekade terakhir, seperangkat
institusi dan norma-norma yang secara historis mempertahankan hubungan antara
keterampilan dan pendapatan telah berkurang. Hal itu menyebabkan sulitnya
mengangkat orang miskin menjadi lebih terdidik dan memiliki keterampilan.
7
Dalam artikel tersebut terdapat kalimat yang dicetak tebal. Itulah kalimat yangdibaca ketika melakukan skimming. Kalimat tersebut berada di awal paragraf danakhir paragraf.Setelah dibaca kita bisa menemukan kata kunci atau frasa kunci.Paragraf satu: riset pendidikan, paragraf dua: pendidikan bukan satu-satunya alat, danparagraf tiga: tenaga kerja berpendidikan.Kata kunci terdapat pada kalimat utama maka kalimat utama setiap paragraf sebagaiberikut.Paragraf satu:Riset terbaru para ahli ekonomi menyebutkan pendidikan hanya menyumbang sedikit,yaitu sekitar 16.1% per tahun, pertumbuhan produk domestik bruto rata-rata di dunia(Greg J. Duncan: 2010).Paragraf dua:Karena itu, menjadi jelas bahwa pendidikan bukan merupakan satu-satunya alat untukmengurangi kemiskinan, apalagi jika dilihat dari konteks politik dan sistem ekonomiyang dianut, katakanlah liberalisme seperti di Indonesia.Paragraf tiga:Tidak ada yang meragukan tenaga kerja berpendidikan lebih baik dan lebih mungkinmenikmati pendapatan yang lebih tinggi.Ide pokok terdapat dalam kalimat utama maka ide pokok masing-masing paragraftersebut sebagai berikut.Paragraf satu:Pendidikan hanya menyumbang sedikit pertumbuhan produk domestik bruto rata-ratadi dunia.Paragraf dua:Pendidikan bukan merupakan satu-satunya alat untuk mengurangi kemiskinan.Paragraf tiga:Tenaga kerja berpendidikan akan menikmati pendapatan tinggi, tetapi sulit bagi orangmiskin.
D. MENGIDENTIFIKASI FAKTA DAN OPINI
a. Pengertian Fakta dan Opini
Fakta adalah informasi yang mengungkapkan keadaan yang sesungguhnya berdasarkan
kenyataan yang ada. Sebuah fakta keakuratannya dapat dibuktikan dan terjamin
8
kebenarannya karena disertai dengan data dan bukti yang jelas.
Opini adalah pendapat, ide, pemikiran, atau gagasan seseorang pada suatu masalah.
Keakuratan sebuah opini tidak dapat dibuktikan karena bersifat subjektivitas, masih
meragukan, dan bisa benar atau bisa juga salah.
Perbedaan Fakta dan Opini
No. * = Fakta # = Opini
1. *Berisi peristiwa yang sudah terjadi
sesuai dengan kenyataan.#Berisi tanggapan atau pendapatterhadap peristiwa.2. *Pernyataan yang tidak diragukan lagi
kebenarannya.#Pernyataan yang masih meragukan,artinya bisa benar atau salah.3. *Bersifat objektif. #Bersifat subjektif.
4. *Tidak ada unsur keberpihakan karena
hanya menguraikan kebenaran.#Terdapat unsur keberpihakan padamasalah tertentu.5. *Disertai dengan data dan bukti yang
akurat, seperti grafi, tabel, tanggal,hari, bulan, tahun, nama pelaku, dantempat.#Tidak disertai dengan data yangakurat karena cuma pemikiran danpernyataan seseorang saja.6. *Kalimat fakta terdapat kata sudah atau
telah.#Kalimat opini terdapat kata akan,sedang, mungkin, kira-kira, sekitar,seandainya, menurut…7. *Kalimat fakta terdapat jawaban dari  kata Tanya, yakni apa, siapa, kapan, di mana, berapa.
#Kalimat opini terdapat jawabandari kata Tanya, yakni mengapa dan
.
b. Contoh Kalimat Fakta dan Kalimat Opini
1. Contoh Kalimat Fakta
Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memuntahkan materialpijar dari puncaknya sejak Minggu malam, 28 Juni 2015.Gunung Raung yang mempunyai ketinggian 3.332 meter mengalamipeningkatan aktivitas dari 24 Juni 2015.Pengumuman Trump ini, Selasa 16 Juni, disampaikan sehari setelah Jeb Bushmenyatakan diri sebagai bakal calon presiden dari Partai Republik.
Trump adalah anggota Partai Republik dan belum pernah mencalonkan dirisebagai presiden Amerika Serikat.Tariq tinggal di Kota Tampa, negara bagian Florida, Amerika Serikat.
2. Contoh Kalimat Opini
Kepala Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono,mengatakan ada peningkatan energi kegempaan vulkanik di gunung tersebut.Kami merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas atau mendekatdalam radius 3 kilometer dari kawah Gunung Raung karena dikhawatirkanterkena lontaran material pijar.Pengusaha raksasa properti, Donald Trump, mengumumkan akan mengajukandiri sebagai bakal calon presiden Amerika Serikat dalam pemilihan 2016.Dia menambahkan kekayaannya akan membuatnya menjadi presiden yang efektif.Seorang pria di Israel ditahan karena diduga telah menganiaya seorang remajaasal Amerika Serikat yang juga keturunan Palestina.

Share this

Related Posts

First

2 komentar

Write komentar
27 Februari 2022 pukul 18.39 delete

Harrah's Casino Tunica: 50 Years Online | Ocremo - Oklahoma
Harrah's 네임드사다리 Casino 봄비 벳 Tunica is open year round with big winners. Learn more about how to 넥스트 벳 play and 파라오바카라 get a 힘숨찐챌린지 great no deposit bonus.

Reply
avatar
4 Maret 2022 pukul 09.00 delete

Harrah's Casino & Hotel
HARRAH'S CASINO & HOTEL 대구광역 출장샵 - 12455 Las Vegas Blvd S 용인 출장안마 Las 여수 출장샵 Vegas, NV 89109 - Use 의정부 출장안마 this simple form to find hotels, motels, and other lodging near Harrah's 목포 출장마사지 Casino & Hotel in Las

Reply
avatar